IPC Panjang : Terapkan Aplikasi MOS Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan Berbasis IT

IPC Panjang : Terapkan Aplikasi MOS Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan Berbasis IT
Assistan Administrasi dan Umum Pemprov.Lampung Candri meresmikan Gudang CFS Pelabuhan Panjang© IPC Panjang

BANDARLAMPUNG (Ijilampung.com) – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang atau IPC Panjang launching Aplikasi Marine Operating System (20/12).

Marine Operating System (MOS) merupakan salah satu program digitalisasi yang di iplementasikan oleh IPC Panjang dalam memudahkan proses perencanaan, pencatatan, dan pelaporan dan informasi pelayanan kapal untuk pengguna jasa dengan mengintegrasikan secara otomatis semua unsur dalam pelayanan pemanduan dan penundaan di Pelabuhan Panjang.

Sebelum adanya Marine Operating System (MOS) pelanggan tidak mendapatkan informasi pandu atau kapal tunda, pelanggan perlu berkomunikasi langsung dengan planner untuk penetapan pelayanan serta masih adanya potensi koreksi nota pelayanan.

Sedangkan dengan diluncurkannya aplikasi Marine Operating System (MOS) ini pelanggan mendapatkan kepastian waktu pelayanan, koreksi nota dapat diminimalisir, pelayanan secara otomatis berjalan melalui MOS tanpa harus berkomunikasi dengan bagian pelayanan kapal serta semua data terlacak dan dapat dimonitor melalui dashboard pelayanan.

Go Live Marine Operating System (MOS) diluncurkan langsung oleh Gubernur Lampung yang diwakil oleh Assistan Administrasi dan Umum, Forkopimda, stakeholder, Asosiasi dan sejumlah pengguna jasa IPC Panjang.

Pada kesempatan yang sama Assistan Administrasi dan Umum Pemprov.Lampung Candri juga meresmikan Gudang CFS Pelabuhan Panjang, Green Port, Terminalisasi dan Elektrifikasi yang telah dilakukan oleh IPC Panjang.

Dalam sambutanya ini Asisten Administrasi dan Umum Pemprov.LampungCandri mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan oleh IPC Panjang dalam mewujudkan visinya menjadi Pelabuhan yang berkelas dunia merupakan bentuk dukungan kepada Provinsi Lampung dalam bidang perdangan dengan menyediakan layanan yang memudahan pelanggan dalam mengirikan barang – barang dari Provinsi Lampung.

“Dengan adanya gudang konsolidasi ini industry kreatif Provinsi Lampung akan semakin maju”,terang Candri.

Kami juga mengapresiasi IPC Panjang yang mengimpelentasikan Green Port yang merupakan salah satu bentuk dukungan nyata kepada pemerintah dala mewujudkan Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia seperti pengurangan polusi emisi fosil dengan menggunakan sistem elektrifikasi serta mengurangi polusi udara akibat debu dengan mengadakan Mobil Road Sweeper dengan kapasitas yang cukup besar, ungkapnya.

Saya berharap Pelabuhan Panjang akan semakin maju dan harus kita banggakan. Pelabuhan Panjang akan menjadi hub regional yang membuat Lampung menjadi maju dan terdepan di Pulau Sumatera, harapnya.

IPC Panjang terus melakukan modernisasi dan digitalisasi disemua lini pelayanan yang tak lain untuk memberikan pelayanan yang memenuhi ekspektasi pengguna jasa, General Manager IPC Panjang Drajat Sulistyo dalam sambutannya.

Kami terus mendorong semua pelayanan yang ada di IPC Panjang berbasis informasi, pada tahun 2020 Pelabuhan Panjang sudah menjadi pelabuhan yang memiliki pelayanan berkelas dunia.

“Ini merupakan prospek cerah bagi Provinsi Lampung dan sekitarnya untuk memasarkan produk – produknya ke manca Negara. IPC Panjang terus mendorong semua pelayanan berbasis IT”, ujar Drajat.

Drajat mengungkapkan dengan mengimplementasikan Green Port Pelabuhan Panjang dapat meningkatkan daya saing dari Pelabuhan itu sendiri baik untuk main business dari perusahaan maupun bagi unit pendukung dari suatu fasilitas pelabuhan dalam persaingan global.

Sebagai informasi bulan Desember ini, IPC Panjang juga telah meluncurkan sistem pembayaran dengan Virtual Account dan e-invoice.

“Dengan danya Virtual Account pengguna jasa mendapat rasa aman dalam bertransaksi, tidak perlu melakukan konfirmasi ulang dan serta kemudahan bertransaksi. Serta e-invoice merupakan layanan yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pencetakan nota” tutupnya. (**).

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu