Sispala LGH SMA Ma'arif 1 Sukatani : Tanamkan Kecintaan Generasi Penerus Terhadap Kelestarian Lingkungan

Sispala LGH SMA Ma'arif 1 Sukatani : Tanamkan Kecintaan Generasi Penerus Terhadap Kelestarian Lingkungan
kepala sekolah SMA Ma’arif Fahrul Ulum memberikan arahan pada pelaksanan kegiatan© Sispala

Sispala LGH SMA Ma'arif 1 Sukatani : Tanamkan Kecintaan Generasi Penerus Terhadap Kelestarian Lingkungan

KALIANDA--- Tanamkan kecintaan alam pada generasi muda Siswa Pecinta Alam (SISPALA) LGH SMA Ma'arif 1 Sukatani gelar pelatihan Pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) Ke- V, Rabu (11/12).

Kegiatan yang diadakan diruang kelas SMA Ma’arif 1 Sukatani menghadirkan beberapa nara sumber profesional. Lembaga Wanacala Lampung, Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) XIII Gunung Rajabasa-Way

Pisang-Natu, Serampok Lampung Selatan, Media, Literasi Digital, dan senior Sispala LGH.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, dalam memberikan pemahanan pentingannya menjaga lingkungan hidup dan melestarikan lingkungan.

Kerusakan alam membuat kualitas lingkungan hidup menurun sehingga dapat terjadi bencana alam dan penyebaran penyakit”, terang kepala sekolah SMA Ma’arif Fahrul Ulum saat membuka sambutannya.

Diperlukan peran kita semua terutama generasi muda untuk meminimalisir, mencegah dan mempertahankan kualitas lingkungan hidup.

Sebagai bentuk nyata kedepannya dapat digagas bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menggelar penghijuan gunung Rajabasa yang merupakan lingkungan terdekat kita, himbau Fahrul saap akrap Fahrul Ulum.

Kami akan memberikan dukungan dalam penggalian potensi para siswa-i melaui berbagai kegiatan seperti belum lama ini telah meggelar kegiatan pelatihan jurnalistik untuk memberikan pengetahuan membuat press realease yang kreatif, kata Fahrul.

Lela Sukawati peserta pelatihan mengungkapkan dengan kegiatan ini saya tau akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, dan dampak yang ditimbulkan dengan rusaknya lingkungan. Sangat bermanfaat bagi kamigenerasi penerus estapet perjuangan menyelamatkan lingkungan untuk masa depan kita semua, katanya.

Sementara itu, Pembina Sispala LGH Hermansyah menerangkan Diklatsar yang digelar tahun 2019 merupakan angkatan Ke-V, yang diikuti 25 peserta calon anggota baru Sispala LGH SMA Ma'arif 1 Sukatani dan anggota tetap, pelaksanaan kegiatan selama enam hari, diawali hari ini (rabu.red). Dan pelatihan akan digelar dibeberapa lokasi, Rabu-Kamis di SMA Ma'arif 1 Sukatani. Untuk Sabtu malam minggu – Senin diadakan disumur Kumbang kecamatan Kalianda, terangnya.

“Senin pagi sudah kembali kesekolah untuk penyerahan syal sispala akan di serahkan kepada Siswa/i oleh orang tua calon anggota sispala LGH karena dalam kegiatan apapun saya butuh izin dan dukungan orang tua" kata Hermansyah.

Sedangkan materi yang diberikan meliputi navigasi, mounteneering, jurnalis lingkungan, packing, bivak dan pasang tenda. Materi selanjutnya survival, pemutaran film lingkungan, mitigasi bencana, PLH, P3K, Pemandu wisata dan community organizer, urainya.

“Seluruh anggota Sispala LGH SMA Ma'arif 1 Sukatani dapat mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya, guna meningkatkan pengetahuan mengenai lingkungan. Lingkungan hidup merupakan sumber-sumber kehidupan, diperlukan peran kita bersama untuk menjaga, melestarika dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari agar hidup kita lebih bermanfaat”,harapnya. (Dewi Safitri/Alumni Literasi Digital)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 100%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu