Jumat Sehat, Karyawan PTPN VII Cek Kebugaran

Jumat Sehat, Karyawan PTPN VII Cek Kebugaran
Sekretaris Perusahaan PTPN VII Okta Kurniawan saat mengikuti kegaitan Tes Kesehatan© IL
BANDAR LAMPUNG---Gelak tawa dan saling lempar canda pecah di antara puluhan karyawan PTPN VII usai senam rutin di Lapangan Parkir Kantor Direksi, Jumat (6/9/19).
Tawa itu terjadi ketika seluruh karyawan mengikuti tes kesehatan hang salah satunya mengukur lingkar pinggang.
“Oh, ini sudah berapa bulan? Semoga sehat sampai persalinan, ya,” canda Jafar, fotografer kepada salah satu karyawan pria bertubuh besar yang sedang diukur lingkar pinggangnya oleh petugas.
Aksi Jafar yang berkomentar sambil mengelus-elus perut koleganya itu mengundang tawa yang lain. Sementara, yang sedang diperiksa tampak cemberut.
Suasana kerja Jumat pagi memang berbeda di lingkungan PTPN VII. Hampir seluruh karyawan berkostum olah raga dengan aktivitas senam. Dan secara berkala, sebagaimana hari itu, petugas medis dari Puskesmas Kedaton bekerja sama dengan Klinik Pratama PTPN VII Kantor Direksi hadir untuk sosialisasi program dan pemeriksaan kebugaran karyawan.
Tidak seperti sebelumnya, hari ini ada tambahan pemeriksaan, yakni mengukur lingkar perut. Drg. Rini Alita, M. Kes, Kepala Puskesmas Rawat Inap Kedaton mengatakan, tes ukur lingkar perut dibutuhkan untuk memberi rekomendasi kepada seseorang tentang pola makan dan pola hidup.
“Seperti biasa, kami melakukan sosialisasi kebugaran jasmani sekalian pemeriksaan dasar. Pemeriksaan diawali Par-Q test yang berisi 9 pertanyaan untuk mengetahui apakah peserta layak mengikuti tes kebugaran atau tidak,” kata dokter ramah ini.
Selanjutnya peserta diarahkan untuk melaksanakan pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi, berat badan, cek kadar gula atau kolesterol, cek asam urat, deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM), dan mengukur lingkar perut. Juga disediakan layanan konsultasi Gizi yang dikordinasi oleh Puskesmas Rawat Inap Kedaton.
Rini Alita menerangkan kegiatan ini merupakan program tahunan untuk memberikan sosialiasi kepada karyawan yang berada di area cakupan Puskes Kedaton, yakni di Kecamatan Kedaton dan sekitarnya.
“Ada beberapa hal yang kami lihat dari perusahaan di antaranya kebugaran pekerja, PPN, dan K3. Juga pengecekan fasilitas ditempat kerja seperti Water Closet (WC) yang bersih terpisah antara wanita dan pria. Kami juga cek PHBS di klinik kesehatan dan tempat kerja,” kata dia.
Sekretaris Perusahaan PTPN VII Okta Kurniawan yang mengikuti kegiatan ini mengapresiasi upaya pihak Puskesmas Kedaton. Ia mengakui, banyak karyawan hang karena rutinitas kerja kurang memperhatikan faktor kesehatan.
“Akibat rutinitas dan sering berada pada kondisi kurang ideal, banyak karyawan yang kurang perhatian dengan kesehatan. Kami sering kurang memperhatikan pola makan, pola tidur, dan pola hidup yang tidak ideal,” kata dia di sela-sela acara.
Oleh karena itu, ia mengajak semua karyawan untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin, terutama bagi rutinitas pekerjaannya di belakang meja. Ia menyatakan, aktivitas fisik, meskipun bukan berbentuk olah raga sangat dibutuhkan karena manfaatnya sangat besar bagi kesehatan jasmani.
“Alhamdulilah untuk fasilitas yang dimiliki kantor kami telah memenuhi apa yang dipersyaratkan. Ini semua untuk kesehatan karyawan, baik dari fasilitas pusat pelayanan kesehatan maupun kegiatan olahraga yang ritun dilaksankan karyawan”, urai pria yang sebelumnya bertugas sebagai manajer unit di Sumatera Selatan.
Ia menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Dengan adanya pemeriksaan kebugaran jasmani, kata dia, diharapkan para pegawai mengetahui tingkat kebugaran jasmani masing-masing. Lalu, dapat meningkatkannya melalui kegiatan senam setiap Jumat dan memanfaatkan fasilitas olahraga yang ada di Kantor Direksi.
“Dengan melaksanakan program latihan fisik sesuai kaidah kesehatan yaitu latihan fisik yang benar, teratur, dan terukur, tubuh kita bisa lebih bugar. Kalau semuanya sehat, otomatis kita kerja juga lebih semangat sehingga peningkatan produktivitas,” kata Okta. (Red).
Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu