Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Luncurkan Program Lampung Mengaji

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Luncurkan Program Lampung Mengaji
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan program Lampung Mengaji didampingi Wakil Gubernur Chusnunia Chalim© Pemilik Gambar

BANDAR LAMPUNG (Ijilampung)— Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan program Lampung Mengaji di Gedung Bagas Raya Bandarlampung, Selasa (27/8/2019).

Peresmian itu pemukulan gamelan oleh Gubernur, Wakil Gubernur Chusnunia, Kapolda Irjen Pol Purwadi Arianto dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Program tersebut nantinya akan diterapkan di sekolah-sekolah, mulai daru SD, SMP dan SMA/SMK.

Selain itu, gubernur juga meresmikan pelaksanaan kurikulum muatan lokal Bahasa Lampung.

Gubernur berharap kedua program tersebut dapat ditindaklanjuti pemerintah kabupaten/kota, dengan menerapkannya di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Sulpakar mengatakan telah membuat kurikulum untuk diterapkan di sekolah.

"Bahkan, sudah tata cara penilaian dan standarnya juga. Sehingga tiap sekolah tinggal melaksanakannya saja," kata Sulpakar.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mencanangkan program “Lampung Mengaji” dan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Lampung di sekolah. Dua program tersebut mulai digelar Lampung Mengaji dan pelaksanan Kurikulum Muatan Lokal pada Selasa (27/8).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Sulpakar mengatakan, program Lampung Mengaji dan Muatan Lokal Bahasa Lampung salah satu program Lampung Berjaya yang dicanangkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat kampanye.

Ia berharap program tersebut dapat didukung semua pihak agar pemahaman terhadap agama meningkat, dan dapat mengembangkan budaya di Lampung.

Untuk Program Lampung Mengaji, Pemprov Lampung akan mengundang Dr Das/ad Latif, seorang dai dan juga doesen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sulpakar mengatakan, Program Lampung Mengaji dan Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Lampung, merupakan implementasi dari program gubernur yakni Lampung Berjaya dalam bidang keagamaan dan pengembangan budaya lokal.

Tujuan dan sasaran Program Lampung Mengaji yakni mengembalikan budaya gemar mengaji masyarakat Lampung melalui kegiatan pembelajaran di sekolah, di rumah, dan di masyarakat sesuai dengan tri pusat pendidikan.

Selain itu, Sulpakar menyatakan program Lampung Mengaji dapat membebaskan masyarakat Lampung dari buta aksara Alquran. Membimbing peserta didik agar mampu mengaji Alquran dengan lancar sesuai makhraj dan tajwid. Membimbing peserta didik agar memiliki hafalan minimal 20 surat pendek bagi peserta didik reguler.

“Membimbing peserta didik agar memiliki hafalan minimal 1 juz bagi peserta didik yang mengikuti program ekstra kurikuler tahfidz,” ujarnya.

Yang terpenting, ia mengatakan program tersebut dapat menumbuhkan gerakan membaca Alquran, baik secara individu maupun bersama-sama. Membentuk kepribadian berdasarkan Alquran dan mencegah kerusakan akhlak dan moral. Peserta program tersebut yakni tenaga pendidi, siswa, orang tua, dan masyarakat umum.(**)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu