Damar Mata Kucing Krui, Kabupaten Pesisir Barat Kualitas Terbaik Dunia

Damar Mata Kucing Krui, Kabupaten Pesisir Barat Kualitas Terbaik Dunia
Pemandu Ekowisata Way Biha memperlihatkan menjelaskan mengenai damar mata kucing © IL

KRUI, PESISIR BARAT(Ijilampung.com)-- Damar Mata Kucing (ShoreaJavanica)yang dihasilkan Krui, Kabupaten Pesisir Barat merupakan kualitas terbaik di dunia.

Kabupaten Pesisir Barat, Lampung memenuhi 80 persen produksi nasional untuk ekspor Damar Mata Kucing.

Dengan negara tujuan ekspor diantaranya India, Jerman, Filipina, Perancis, Belgia, Uni Emirat Arab, Bangladesh, Pakistan dan Italia.

Damar mata kucing digunakan sebagai stabilizer pada industri cat, tinta, farmasi, kosmetik dan sebagainya.

Dengan luasan hutan mencapai mencapai 60 persen, masyarakat Kabupaten Pesisir Barat telah sejak berpuluh-puluh tahun lalu mengelola damar mata kucing.

ijilampung.com
Lubang sadapan damar mata kucing pada pohon damar

Terdapat Sepuluh kecamatan yang penghasil damar mata kucing di Kabupaten ini yaitu Kecamatan Lemong, Pesisir Utara, Karya Penggawa, Waykrui, Pesisir Tengah, Pesisir Selatan, Ngambur, Bengkunat dan Bengkunat Belimbing.

Untuk menjaga kelestarian hutan dan ekosistem serta menunjang ekonomi masyarakat pemerintah daerah mengatur pengelolaan pohon damar melaui pengelolaan repong (perkebunan).

Ini merupakan kearifan lokal dalam sistem budidaya masyarakat Krui, salah satu contoh keberhasilan pengelolaan hutan berkelanjutan berbasis masyarakat.

Sistem budidaya repong damar dilakukan di kawasan hutan marga, dan ada pula yang diusahakan di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sebagai produk Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Getah Damar Mata Kucing di Krui sangat potensial untuk dikembangkan. Budidaya Damar memiliki dua manfaat sekaligus yaitu pelestarian hutan dan ekonomi. (**)

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu