RS Advent : Rumah Sakit Ramah Tuli di Indonesia

RS Advent : Rumah Sakit Ramah Tuli di Indonesia
Ketuan Yayasan RS Advent Bandar Lampung, Elon Manawan (kiri) memberikan cinderamatan pada Wali Kota Bandar Lampung Herman HN© HMS Kota Balam

BANDAR LAMPUNG (IL)--Rumah Sakit Advent Bandar Lampung meluncurkan program sebagai Rumah Sakit Ramah Tuli, Pertama di Indonesia.

Kegiatan yang di Auditorium Lt 2 Rumah Sakit Advent Jalan Teuku Umar No. 48 Kedaton, Bandar Lampung, Minggu (7/4/2019).

RS Advent akan memberikan pelayanan bagi masyarakat tuli dengan bahasa isyarat Indonesia (Bisindo) dan Sistem Peringatan Dini Bencana (Inklusif).

Pelayanan ini akan direalisakan melalui penambahan sarana pelayanan untuk kaum tuli di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung bekerjasama dengan Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Unspoken Ministry.

Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN saat membuka kegiatan mengatakan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak baik dari Rumah Sakit maupun dinas yang sudah ikut bekerja sama, sehingga dapat memberikan layanan terhadap masyarakat yang memiliki keterbatasan pendengaran dan kaum disabilitas.

“Saya yakin rumah sakit advent dapat memberikan pelayanan yang baik juga dapat dikenal oleh masyarakat sebagai tempat pelayanan terhadap masyarakat tuli pertama di Indonesia melalui pengembangan bahasa isyarat Indonesia (Bisindo) agar lebih baik kedepan” terang Herman HN.

“Rumah Sakit Advent yang pertama di Indonesia mengadakan Bisindo dan sistem peringatan dini bencana (Inklusif) yang ditargetkan dari peluncuran slogan ini untuk bisa sampai ke kancah internasional yang dapat dikembangkan di negara Swiss dan bekerjasama dengan WHO dalam peluncurannya, jelasnya Wali Kota yang terkenal dengan pembangunan flay ofer di Kota Bandar Lampung.

Sementara itu, Ketuan Yayasan RS Advent Bandar Lampung, Elon Manawan menguraikan lebih kurang 250 orang tuli yang ada di Bandar Lampung, mereka juga memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pelayanan kesehatan, urainya.

"Kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang sama kepada saudara kita yang memiliki keterbasan seperti halnya tuli melalui bahasa isyarat” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan seperti apa yang disampaikan Bapak Wali Kota, pada bulan Mei pihaknya akan berangkat ke Jenewa, Swiss untuk mempresentasikan kepada WHO, RS Advent Bandar Lampung merupakan rumah sakit pertama di Indonesia, bahkan di Asia Pasific yang ramah bagi masyarakat tuli, tutupnya. (IL)

Sumber : Humas Kota Bandar Lampung

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu