Menelisik Tarian Melinting Khas Lampung Timur

Menelisik Tarian Melinting Khas Lampung Timur
Bupati Lampung Tumir Chusnunia Chalim menarikan Tari Melinting © HMS Lamtim

LAMPUNG TIMUR (IL)---Tari Melinting merupakan tarian tradisional yang berasal dari Kecamatan Labuhan Meringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Tarian ini merupakan peninggalan Ratu Melinting, sekaligus menggambarkan keperkasaan dan keagungan Keratuan Melinting. Dan mainkan dalam upacara Keagungan Keratuan Melinting. Para penarinya merupakan putra dan putri Keratuan Melinting.

Awalnya, tari ini digunakan untuk pelengkap pada acara Gawi Adat yaitu acara Kegungan Keratuan Melinting.

Pementasan Tari Melinting ini biasanya diadakan di balai adat. Dikarenakan Gawi Adat merupakan tarian keluarga ratu, penarinya juga terbatas pada orang-orang tertentu seperti putera dan putri Keratuan Melinting.

Tari Melinting dapat dibawakan oleh penari 8 orang penari yang berpasangan pria dan penari wanita yaitu 4 penari wanita dan 4 penari pria.

Sedangkan pakaian para penari menggunakan busana adat Lampung dengan memakai hiasan kepada berupa kopiah berwarna emas bagi penari pria dan siger penari wanita serta kipas untuk masing-masing penari. serta diiringi alunan musik tradisional.

Gerakan penari pria dan wanita berbeda gerakan laki-laki sifatnya lebih dinamis, sedangkan untuk wanita relatif lebih lembut sesuai dengan sifat mereka.

Dalam perkembangnnya pada tahun 1958, tarian ini disempurnakan dan penampilannya tidak terbatas dalam acara sakral di lingkup Keratuan Melinting. Kini berkembang menjadi hiburan atau sebagai persembahan untuk menyambut tamu.

Selain sebagai hiburan dan penyambutan tamu, tarian ini juga penggambaran bentuk pergaulan yang membahagiakan dari pasangan muda-mudi. (Redaksi/berbagai sumber)

Pilih Bangga Bangga 20%
Pilih Sedih Sedih 20%
Pilih Senang Senang 20%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 40%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu