Rehat di Rest Area Masjid Agung Kalianda

Rehat di Rest Area Masjid Agung Kalianda
Masjid Agung Kalinda, Lampung Selatan © IL

LAMPUNG SELATAN ---BENTANG jalan Bakauheni—Bandar Lampung sepanjang 98 kilometer cukup menguras tenaga.

Ada baiknya, ketika berkendara di ruas ini, singgahlah rehat untuk memulihkan tenaga.

Ada sepotong tempat di setengah perjalanan untuk melepas lelah, menikmati kuliner lokal, membuka bontot alias bekal, sekaligus menunaikan ibadah. Tempat recomended itu adalah rest area Masjid Agung Kubah Intan, Kalianda.

Tempat ini memang masih kurang familier bagi pelintas. Sebab, pengemudi dari arah Bandar Lampung yang akan menuju ke Jawa kerap merasa tanggung untuk istirahat di sini sebelum sampai ke Pelabuhan Bakauheni. Sedangkan pengemudi yang dari Jawa, mereka baru istirahat cukup lama ketika berada di atas kapal feri.

Meskipun demikian, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memberi perhatian khusus kepada tempat ini. Lapangan hijau itu kini rimbun oleh pohon-pohon peneduh yang ditata merindangi taman santai di bawahnya. Jalan aspal mulus dengan gerbang lebar siap menyambut pelintas.

Ada toko serbaada di dalamnya yang disokong belasan kios penjual makanan dengan tatanan tempat makan di depannya. Berhadapan dengan itu, kios-kios toko aneka suvenir diberi nama kecamatan-kecamatan yang ada di Lampung Selatan.

Taman parkir luas dengan konstruksi aspal hotmix mampu menampung ratusan kendaraan. Di pinggirnya, rerumputan hijau terawat dibelah oleh jogging track dan tapak-tapak semen untuk lintasan orang-orang lalu lalang. Ada tempat-tempat duduk dari beton di beberapa sudut yang cocok untuk bersantai atau membuka bekal makanan.

Belasan kotak sampah tersebar di beberapa sudut. Juga keran-keran yang bisa diakses untuk cuci-cuci secukupnya. Namun, jika ingin ke peturasan untuk hajat kecil atau hajat besar, silakan menuju toilet di kompleks masjid, tetapi terpisah cukup jauh dari bangunan utama masjid. Toilet yang cukup luas, banyak, dan terjaga kebersihannya.

Rest area ini akan lebih bermakna bagi pengunjung yang berkewajiban ibadah di masjid. Masjid Agung Kubah Intan yang berada di bagian utama dan lebih tinggi posisinya. Masjid dengan arsitektur modern didominasi warna abu-abu kebiruan itu terlihat megah dan bersih.

Memasuki masjid yang menjadi maskot Kota Kalianda itu cukup makmur. Pada hari kerja, tempat ibadah ini dipenuhi pegawai yang selalu memadati saf-saf salat. Ruang lega dengan pendingin udara terasa sejuk dan damai. Modulasi sound system-nya yang empuk membuat setiap ayat dan kearifan Allah yang keluar berasa nyaman. Juga ambal empuk yang tergelar sebagai alas salat mampu menenggelamkan umat untuk berlama-lama iktikaf di masjid ini.

Pendeknya, singgahlah di selter religius ini untuk mendapatkan keleluasaan dan kesegaran lahir maupun batin. (IL)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu