Sispala LGH Gelar Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Siswa SMPN Satap 1 Kalianda

Sispala LGH Gelar Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Siswa SMPN Satap 1 Kalianda
Seorang siswi SMPN Satap 1 Kalianda saat menanam pohon penghijuan dilokasi sekolah©sispala

Ijilampung.com, KALIANDA --Lampung Selatan merupakan salah satu wilayah yang sangat luas dengan memiliki potensi sumber hutan (pegunungan dan mangrove), potensi wisata (hutan, pesisir dan religi), dan potensi bencana.

Kita semua bisa melihat bahwa akhir-akhir ini di Lampung Selatan sering terjadi bencana mulai dari bencana longsor, banjir, dan tsunami.

Peristiwa yang terjadi ini bukan tidak ada sebabnya, ini ada beberapa penyebab yang mendorong bencana ini terjadi di Lampung Selatan, misalkan pengelolaan hutan yang tidak baik, buang sampah sembarangan, hilangnya pohon mangrove, sempitnya drainase, kurangnya pepohonan dan lain-lain.

Melihat kondisi tersebut, Sispala LGH (Siswa Pecinta Alam Lingkar Generasi Hijau) SMA Maarif 1 Sukatani bersama beberapa Organisasi SMA Ma'arif 1 Sukatani Kalianda yaitu Pramuka, PMR, Silat Kesti TTKKDH, IPNU/IPPNU, Teater/Seni, Paskibra dan Tim Fasilitator Pelajar melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di SMPN Satap 1 Kalianda yang dihadiri oleh 80 siswa kelas 7, 8, dan 9.

Dalam audiensi/diskusi dengan Waka Kesiswaan bahwa pelaksanaan PLH ini akan dilaksanakan pada setiap hari Jumat. Dan tahap pertama telah dilaksanakn pada Jumat lalu (01/02/2019), terang Hermansyah Pembina Sispala LGH dan Direktur Eksekutif Wanacana Lampung melalui WhatsApp (WA) pada Ijilampung.com.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup ini diantaranya membangun kesadaran dan kepedulian pelajar tentang lingkungan hidup, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa/siswi sekolah akan pentingnya lingkungan hidup, membangun kepedulian siswa/i di usia dini”, jelasnya.

Ia menguraikan materi yang disampaikan disesuai dengan kebutuhan atau potensi sekolah seperti lingkungan hidup secara umum, sampah, ecobrick, kebun organik (kompos), sanitasi dan penanaman pohon sesuai dengan Gerakan Lampung Menghijau, urainya.

Sedangkan outputnya untuk membangun pandangan tentang lingkungan hidup terhadap para generasi penerus yang ada di sekolah-sekolah akan arti penting lingkungan hidup sebagai bagian dari ekosistem hidup yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia dan pembentukan kader atau pembentukan organisasi Sispala di tingkat SMP dan SMA, terangnya Hermansyah.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMPN Satap 1 Kalianda, Sodiq menyampaikan bahwa menyambut baik dengan adanya kegiatan ini, akan membangun pola pikir siswa ke depannya lebih cinta terhadap lingkungan.

“Dan untuk lebih meningkatkan lagi ia mengharapkan diadakan berkesinambungan di sekolah yang ada di Lampung selatan dan khususnya SMPN Satap 1 Kalianda’, harap Sodiq.

Dalam kesempatan terpisah kepala dinas pendidikan kabupaten Lampung Selatan Thomas Amirico menyampaikan apresiasi yang tinggi dan mendukung kegiatan yang di selenggarakan oleh Sispala LGH yang didampingi Wanacala Lampung.

Lebih lanjut ia mengatakan bicara soal lingkungan hidup, memang harus dimulai dari sejak dini, agar generasi penerus tidak apatis terhadap persoalan lingkungan hidup sekitar”, jelasnya.

“Semoga kegiatan yang di lakukan secara swadaya ini bisa di lakukan terus menerus dan mendapat respons baik dari semua sekolah yang sudah kesekian kalinya kita kirimkan surat serta ada dukungan dari pemerintah Kabupaten Lampung Selatan”, tutup Thomas. (EV/IL).

Pilih Bangga Bangga 50%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 50%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu