Donor Darah Menumbuhkan Rasa Kepedulian Pada Sesama

Donor Darah Menumbuhkan Rasa Kepedulian Pada Sesama
Para panitia kegiatan donor darah UMITRA Idnonesia berfoto bersama©UMITRA Indonesia

Ijilampung.com,BANDAR LAMPUNG. Mengawali Tahun 2019, UMITRA Indonesia kembali menggelar donor darah, di Kompleks Kampus, Bandar Lampung, Kamis(10/1/19).

Sebanyak 50 kantong darah berhasil digalang yang merupakan kegiatan rutin dari salah satu Organisasi Kemahasiswaan yaitu BEM dan MAPALA Universitas MITRA Indonesia. yang difasilitasi PMI Lampung itu.

Agenda rutin setiap tiga bulan ini diikuti para mahasiswa dan dosen UMITRA Indonesia. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya donor darah selain untuk kesehatan pendonor juga dapat membantu menyelamatkan pasien yang membutuhkan darah, menurut ketua yayasan UMITRA Andi Surya, karena kesadaran makna kemanusiaan yang tinggi.

"Bukan hanya donor saja yang selalu rutin di lakukan BEM dan Mapala UMITRA Indonesia setiap tahunnya seperti kegiatan sosial yang tujuannya membantu sesama, seperti penanaman pohon, aksi bersih lingkungan dan kegiatan bakti sosial untuk bencana tsunami lampung selatan beberapa waktu yang lalu", kata dia.

"Ini bentuk kepedulian UMITRA Indonesia kepada sesama yang membutuhkan darah. Selain ujuan kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu sedikit permasalahan PMI dalam menyediakan pasokan stok darah salah satunya korban tsunami Lampung Selatan " tambah dia.

Pada kesempatan itu Andi mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa dan dosen yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan ikut mendonorkan darahnya. Semoga kedepan akan terus bertambah partisipasi mahasiwa dalam kegiatan ini, ujarnya.

Sementara itu, Presiden BEM UMITRA Indonesia, Adityo didampingi ketua Umum Mapala, Yohanes, mengatakan minimnya ketersediaan darah di UPT PMI tiap harinya menjadi salah satu latar belakang acara kali ini berlangsung.

"Dengan kegiatan ini pihak BEM menambah database pendonor sukarela yang kiranya sewaktu-waktu dapat dihubungi kala ada yang membutuhkan bantuan,” Katanya.

Sementara itu, terkait donor darah, Adityo menegaskan pihaknya akan senantiasa bekerjasama dengan seluruh komunitas yang ada di Lampung untuk mendapatkan pendonor sukarela. Saat ini Hijabbers Lampung yang bergerak di bidang social dan BEM telah siap untuk bergabung dalam mensukseskan kegiatan seperti ini.

Terpisah Wakil Rektor III UMITRA Indonesia, Armen Patria, menguraikan kami akan selalu mendukung segala aktivitas para mahasiswanya, apalagi yang tujuanya untuk kepentingan masyarakat luas.

“Saya berharap kegiatan semacam terus dilaksanakan dengan terus menghimbau kepada para mahasiswa yang belum ikut berpartisipasi karena kegiatan ini bisa menanamkan jiwa sosial dan empati terhadap sesame serta baik untuk kesehatan,” Katanya

Selain itu, Ia menjelaskan ada 8 manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini diantaranya menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, pikiran lebih stabil, bagian dari periksa kesehatan, mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, menjadi lansia yang sehat, dan menurunkan kolesterol, jelasnya. (IL)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu